Tutorial HTML Lengkap : Pengertian dan Tag-tag HTML





BASIC HTML
CungukBlogger~Internet lebih tepatnya www disusun menggunakan bahasa HTML. HTML sendiri singkatan dari Hypertext Markup Language, sebuah bahasa yang telah di standarkan untuk menyusun tampilan web. HTML ini lah yang nanti amat berperan dalam membangun layout/tampilan website. Sebelum  kita  mendalami  apa  dan  bagaimana  cara  membuat  tampilan  web,  adakalanya  kita mengenali terlebih  dahulu tag-tag  html  yang  nantinya  digunakan  dalam  penyusunan  interface sebuah web.

TAG-TAG dalam HTML
HTML  dipresentasikan  dalam  bentuk  tag-tag.  Bagi  yang  pernah  mengenal  wordstar (  aplikasi wordprocessing ) mungkin html sangat familiar. Karena wordstart pun menggunakan tag dengan versi yang lain. Bagi  pengguna  wordprocessing  sekarang,  untuk  melakukan  bold  hal  yang  harus  dilakukan pertama  adalah  blok  kata  yang  akan  di  bold,  kemudian  klik  icon  bold,  atau  tekan  ctrl+b,  tapi dalam html untuk melakukan bold pada sebuah text anda harus menggunakan tag yang bertugas untuk  membold  text.  Dalam  hal  ini  tag  <b>  berfungsi  untuk  menebalkan  suatu  kata  ataupun kalimat. Sebagai contoh sebuah  kalimat yakni "Pengenalan tag-tag html" kita  akan  melakukan  bold pada kata "tag-tag" maka ...

Pengenalan  <b>tag-tag</b>  html.  Dengan  penjelasan  tag  <b>  sebagai  pembuka  yang  bertugas untuk melakukan bold sedangkan </b> merupakan penutup dimana bold itu berakhir. Selain bold, html tentunya masih memiliki tag-tag yang lain yang nantinya berperan penting dalam menyusun layout website.
Standarisasi struktur dalam HTML adalah sebagai berikut :

<html>
<head><title></title></head>
<body></body>
</html>

Dimana <html> merupakan struktur inti dari tampilan web, dan head berfungsi sebagai informasi-informasi  yang  berkaitan  dengan  halaman  html  itu  sendiri,  seperti  tag  <title>,  metatag  maupun berbagai deklarasi scripting bawaan yang lain, seperti javascript. Sedangkan body adalah inti dari layout si web itu sendiri. Sebagai contoh lain :

<html>
<head><title>Belajar HTML</title></head>
<body><h1>Belajar HTML itu menyenangkan</h1></body>
</html>



save  dengan  nama  index.html,  kemudian  buka  dengan  browser  kesayangan  anda.  Apa yang tampil dalam browser anda ? Yup, tepat. Berikut adalah tag-tag yang akan kita pelajari nanti : 

Title
<title></title>

Heading
<h1></h1>
<h2></h2>
<h3></h3>
<h4></h4>

Paragraph
<p></p>

List, atau Bullet and Numbering
<ul></ul>
<ol></ol>
<li></li>
<dl></dl>
<dt></dt>
<dd></dd>

Comment
<!---->

Link
<a></a>

Formating Text
<b></b>
<i></i>
<tt></tt>
<u></u>
<s></s>
<big></big>
<small></small>
<sub></sub>
Previous
Next Post »