Major Turn-Offs On Your Online Profile



CungukBlogger~Wajah cantik bukan jaminan saat berkenalan di dunia maya. Para pria buka rahasia tentang hal-hal yang bikin mereka turn off saat stalking Anda di media sosial. Istilah ‘don’t judge a book by its cover’ tampaknya menjadi peraturan yang tidak berlaku lagi dalam dunia online dating modern. Apalagi dengan kehadiran aplikasi-aplikasi seperti Tinder dan OkCupid, di mana orang-orang dengan mudahnya menemukan profil siapapun di internet dan menilai kepribadian mereka sebelum benar-benar bertemu di dunia nyata. CLEO mengumpulkan beberapa fakta dari para pria mengenai enam ‘kesalahan’ yang tanpa sadar Anda lakukan saat membangun pencitraan di dunia maya yang bisa menyurutkan keinginan mereka untuk berkenalan lebih lanjut.


Terlalu banyak menggunakan emoji
Saat bertemu dengan seseorang yang menarik di kehidupan nyata untuk pertama kalinya, keinginan untuk menampilkan sisi terbaik dari diri Anda pasti timbul dengan sendirinya. Sama halnya di dunia internet, kesan pertama tentang Anda tercermin di dalam hal-hal yang dipilih untuk ditampilkan dalam online profile. Namun ternyata cara menyampaikan diri Anda dan bahasa yang dipilih juga sangat menentukan. Sebisa mungkin, gunakan bahasa universal yang digunakan sehari-hari. Bahasa asing saja akan sulit untuk dimengerti, apalagi jika menggunakan sederet emoji atau emoticon untuk menjelaskan tentang diri Anda di online profile. Mayoritas pria anti emoji tak hanya karena menganggapnya terlalu cute, melainkan juga sama sekali tidak mengerti maksudnya. Alih-alih dianggap menarik dan kreatif, malahan Anda akan salah dimengerti!

Terlalu banyak selfie
Beware, girls! Terlalu banyak memajang foto selfie di online profile ternyata menjadi major turn-off bagi mayoritas pria. Apalagi jika posenya terlalu dibuat-buat, seperti pose duck face dengan perpaduan mata yang agak sayu. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Mariann Hardey dari Durham University menemukan bahwa kebiasaan memfoto diri sendiri dan mengunggahnya ke media sosial ini menunjukkan kepribadian seseorang yang haus akan pengakuan karena kepercayaan diri yang rendah. Selain itu, terlalu sering pamer selfie juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bagi orang lain yang melihatnya.

Typo, typo, typo!
Kesalahan ketik atau typo memang hal yang manusiawi. Namun jika terlalu banyak sampai bikin pusing typo yang membacanya? Hmmm… mungkin ini saatnya Anda melakukan double check pada apa yang telah tertulis pada online profile Anda. Menurut sebuah survei online yang dilakukan oleh PR Daily pada 1700 pria dewasa, 43 persen diantaranya menganggap kesalahan ketik dan penggunaan grammar yang tidak tepat merupakan major turn-off saat mereka menemukan seseorang yang menarik di internet. Sebaliknya, menurut Daily Mail, seseorang yang menampilkan online profile tanpa terlalu banyak kesalahan typo dan grammar memberikan kesan mau berusaha lebih banyak dan peduli pada hal-hal di sekelilingnya. Jadi, tak heran jika para pria akan langsung melewatkan Anda dan beralih ke profil lainnya yang jauh lebih nyaman untuk dibaca.  

Deskripsi diri yang terlalu sempurna
Mengisi kolom ‘About Me’ merupakan hal yang gampang-gampang susah. Selain karena harus menjelaskan siapa diri Anda lewat kata-kata dengan menampilkan hanya sisi-sisi menarik yang dimiliki, banyak yang terjerumus pada godaan untuk mempercantik online profile tanpa jadi diri sendiri. Akibatnya deskripsi diri yang diberikan jadi terlihat berlebihan dan tidak jujur. Mayoritas pria akan menilai Anda sebagai wanita yang berada di luar jangkauan mereka dan langsung mundur karena kesan pertama yang menakutkan: terlalu banyak menuntut dan sulit dipuaskan!

Memajang foto profil yang terlalu seksi
Foto profil memang harus terlihat menarik dan memiliki ciri khas untuk membedakan Anda dengan yang lainnya. Tidak harus bergaya ala supermodel dengan pakaian seksi dan makeup tebal. Justru bergaya santai dengan riasan natural membuat Anda terlihat tidak mengintimidasi dan lebih mudah didekati oleh para pria. Rata-rata pria langsung turn off saat melihat foto profil wanita dengan pakaian berpotongan terlalu rendah, bergaya dengan pose yang ‘mengundang’, serta memakai riasan wajah berlebihan, seperti bulu mata palsu dan alis yang tak tampak natural.

Oversharing
Di dunia internet dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, ungkapan ‘sharing is caring’ menjadi sangat umum dilakukan. Semuanya berlomba-lomba untuk membagi sesuatu yang menurut mereka penting. Mulai dari foto bersama orang-orang terdekat, menu makanan siang ini, hasil perburuan shopping di midnight sale, hingga curhat  di media sosial. Namun ketika belum saling mengenal, tidak ada yang terlalu peduli pada ungkapan perasaan marah-marah atau kegalauan yang Anda alami. Justru hal tersebut malah membuat para pria menjauh dan mengambil langkah seribu bahkan sebelum menyapa Anda! Oleh karena itu, hindari mengunggah segala sesuatu yang berbau curhat di profil atau status update Anda, apalagi yang menyebarkan energi negatif dan membuat orang lain ‘gerah’.
Previous
Next Post »