Masih Sering Mendengkur? Hilangkan dengan Cara Ini

Kamu kerap kali mendengkur alias ngorok ketika tidur? Atau salah satu anggota keluargamu juga mendengkur? Suara dengkuran ketik amalam hari kerap kali mengganggu siapapun yang mendengarnya. Nah beberapa cara sederhana ini bisa redakan kebiasaan mengorok.

1. Kurangi berat badan

Orang dengan berat badan yang tinggi atau berlebih akan memiliki peluang mendengkur lebih besar. Ini akibat melebarnya lapisan klit yang menekan bagian tenggorokan, in imenyebabkan suara dengkuran yang lebih besar.

2. Olahraga

Coba berolahraga yang berfokus pada kaki, lengan, punggung, dan juga perut. Itu akan membantu otot-otot di tenggorokan, otot akan menjadi lebih kencang dan tidak akan menyebabkan getaran keras ketika bernapas. Olahraga juga membantu memberikan tidur yang lebih nyenyak.

3. Obat kumur

Coba gunakan obat kumur papermint. Berkumur dengan obat kumur peppermint atau campuran minyak esensial peppermint dengan air dapat membantu mengecilkan lapisan hidung dan tenggorokan sebelum tidur.

4. Hindari kebiasaan buruk

Hindari kebiasaan meminum alkohol dan juga merokok agar kebiasaan mendengkur tidak bertambah parah. Asap hasil pembakaran tembakau akan menghasilkan residu yang tertinggal di tenggorokan dan menyebabkan peningkatan penumpukan lendir.

5. Ubah posisi tidur

Tidurlah dengan posisi miring ketimbang terlentang. Atau bisa juga gunakan bantal kepala yang lebih tinggi untuk melancarkan proses bernafas.

6. Minum air

Jika terjadi dehidrasi, maka lendir di hidung menjadi tebal dan lengket, sehingga akan membuat sulit bernafas. Hidrasi yang tepat membuat lendir sehat dan tipis, sehingga dapat melakukan tugasnya tanpa menghambat kita saat tidur.

7. Tidur teratur

Pergi tidur dan bangun lebih awal akan membuat potensimu mendengkur lebih kecil. Jadwal tidur yang buruk membuat otot tenggorokan lebih kaku, menghalangi udara dan menyebabkan getaran keras. Pola tidur yang tepat memastikan bahwa kita lebih baik beristirahat, yang meningkatkan ketegangan di bagian hidung dan membantu kita berhenti mendengkur.


Previous
Next Post »