Rika Yuri, Jagoan Matematika yang Ingin jadi Ahli Kimia

 "With the right amount of motivation, determination, and passion, there can be nothing that can stop you from achieving your goal."

Kutipan di atas bukan dari orang besar atau terkenal. Ucapan itu keluar dari mulut seorang Rika Yuri Yamada, siswa kelas 11 di SMA Lentera Indonesia (SLI), Jakarta. 

CNN Student berkenalan dengan Rika dalam sebuah diskusi mengenai kurikulum Cambridge di Jakarta, baru-baru ini. Sekolah Rika adalah salah satu sekolah di Indonesia yang memakai kurikulum dari Inggris itu, sekaligus mengombinasikannya dengan kurikulum nasional juga.

Rika mengatakan, sekolah dengan kurikulum macam itu membuatnya harus pintar-pintar membagi waktu. Adanya kurikulum Cambridge membuat Rika bisa konsisten pada jalur untuk mencapai cita-citanya, yaitu menjadi seorang ahli kimia. 

“Kurikulum Cambridge itu sangat mendalam, apa yang aku pelajari sekarang itu sudah ada di universitas, karena aku pengen ngambil chemical engineering, jadi aku ngambil kimia dan fisika di A level, ya udah di depan gitu,” tuturnya.

Secara akademis, Rika memang anak yang penuh prestasi. Dia adalah nominee untuk penghargaan “Outstanding Cambridge Learner Award” pada Juni 2016. Dia pun pernah mengikuti ujian Matematika IGCSE di kelas 10 dan dua lembar soal yang dikerjakan, semua jawabannya benar. Oleh karena itu dia mendapatkan predikat ‘Top In The World’. 

Selain pretasi tersebut, sebelum bersekolah di SLI ia kerap mendapatkan Top Scorer untuk pelajaran Matematika dan Mandarin. Ia juga mendapat predikat “Most Consistent” untuk bahasa Inggris dan pelajaran lainnya. 

Rika termasuk murid yang sangat konsisten dengan nilai-nilai yang ia raih. Di SLI ia mendapat nilai rata-rata di atas 88 persen setiap tahun semenjak kelas 8 SMP. Namun, ia menuturkan bahwa penghargaan “Top In the World” ini adalah penghargaan pertama yang paling bergengsi yang pernah ia terima. 

“Aku berharap bahwa hal itu tidak akan menjadi yang terakhir,” ujar siwa yang mengikuti kegiatan ICT Club di sekolahnya itu.

Rika juga menuturkan bahwa hobi dan belajar juga harus seimbang. Hobi Rika adalah membaca buku. Rika mengaku seolah menemukan dunianya sendiri saat membaca. Ia menemukan bahwa hal itu seimbang untuk belajar dan fun.

Remaja kelahiran 26 mei 2000 ini juga menuturkan pesan pada teman-temannya,”If you dont have the motivation to do something, you going to get knowing life, so in order to be able to sexied and subject likes over me on Math, you must to be passionate about it, so you be able to get best you can.”

Intinya kalau kamu suka bekerja keras pasti akan sukses, kalau tidak punya motivasi untuk belajar sesuatu pasti tidak bisa dapatkan nilai yang tinggi.


Previous
Next Post »